Berlangganan

Enter your E-mail -->

Delivered by FeedBurner

Selasa, 04 November 2014

Merakit Personal Komputer



1.      Memasang Motherboard
Letakkan di tempat yg aman. Persiapkan peralatan dan buku manual dr masing-masing komponen PC. Pasang baut motherboard dgn papan casing sehingga akan lebih kuat dan aman.
2.      Memasang Processor
Pasang proseccor pd tempatnya(soketnya), perhatikan komponen pd prosesor harus ditempatkan pd soket tersebut (tdk boleh terbalik). Kuncilah tangkai pengunci yg biasanya terdapat di sisi soket proseccor. Perhatikan kode titik atau sisi proseccor dgn bentuk miring merupakn petunjuk agar bagian proseccor itu dipasang pd bagian slot yg memiliki komponen sama. Bacalah dgn baik buku manual proseccor dr pabriknya. Apabila kita kurang hati-hati atau terbalik memasang processor ini, bisa berakibat fatal. Bila kita ragu, sebaiknya pd saat membeli motherbard dpt ditanyakan kpd penjualnya. Kemudian pasnaglah kipas pendingin diatasnya. Pd produk processor terakhir sdh dilengkapi dgn kipas pendingin.
3.      Memasang Memori RAM
Pasang RAM pd tempatnya dgn baik dan perhatikan sudut memori yg biasanya berlekuk harus ditempatkan pd tempatnya secara hati-hati. Apabila kita terbalik memasangnya, maka memori akan sulit dipasangkan. Pd jenis memoti SDRAM, dudukkan memori di motherboard memiliki pengunci yg akan bergerak mengunci bersama dgn masuknya memori ke dalamnya.
4.      Memasukkan Motherboard kedlm Casing
 
Kaitkanlah pengait plastic yg biasa disediakan oleh pabrik casing ked lm lubang yg terdapat pd motherboard. Pada sudut yang memungkinkan kita tempatkan baut, kemudian bautlah motherboard tersebut pd casing untuk menghindarkan terjadi pergeseran motherboard pd waktu kita memindahkan CPU nantinya. Sebaiknya hati-hati memasang motherboard pd casing, karena bentuknya tipis kecil dan memiliki rangkaian elektronika yg rumit.

5.      Memasang kabel khusus catu daya motherboard
Biasanya terdapat pada power supply (biasanya ditulis P8 dan P9), kabel berwarna hitam dari kedua konektor harus dipasang berhadapan. Apabila kita mempergunakan motherboard jenis ATX, pasanglah kabel power khusus tersebut pd slot power khusus ATX yg terdapat pd motherboard tersebut.
6.      Memasang Harddisk, Floppy Drive pd Casing CPU
Kencangkanlah dudukannya dgn baut secara hati-hati. Bila ada CD-ROM drive, pasanglah pula alat itu secara hati-hati dan dikencangkan dgn baut. Perlu diperhatikan utk CD-ROM dan harddisk jumpe terpasang dgn benar, karena akan diidentifikasikan sbg master atau slave, karena jika salah harddisk atau CD-ROM tdk terdeteksi.
7.      Menyambungkan Kabel dari Power Supply
Kabel Power Supply disambungkan ke slot power yg terdapat di harddisk, flopy drive dan CD-ROM drive. Perhatikan sudut konektorplastiknya pd kabel tersebut. Biasanya sdh dirancang pas sesuai dgn dudukan yg terdapat pd harddisk, flopy drive atau CD-ROM drive. Bila kita memasang konektor ini terbalik, maka pd saat kita memasukkan konektor tersebut akan terasa sedikit sulit. Segeralah cabut konektor dan masukkan kambali pd posisi yg tepat.
8.      Meyambungkan Kabel Pita(Kabel Data) pd Dudukan Harddisk, Flopy Drive dan CD-ROM Drive
Kabel ini berfungsi utk manghubungkan peralatan tersebut ke motherboard. Perhatikan sisi kabel berwarna merah yg harus ditempatkan pd kaki nomer satu (lihat keterangan yg dituliskan pd harddisk dan floppy drive). Bila terbalik memasangnya, maka computer tdk akan berjalan baik dan dpt merusakkan peralatan-peralatan tersebut. Kabel yg terpasang ke floppy drive lebih sempit bila dibandingkan kabel penghubung harddisk ataupun CD-ROM drive. Untuk kabel pita strip merah pd pinggir kabel menandakan no.1
9.      Menyambungkan kabel dr Floppy Drive ke Slot utk Floppy Drive
Setelah menyambung kabel dari floppy drive ke slot utk floppy drive sambungkan pula kabel dr harddisk ke slot IDE nomer 1 dan kabel dari CD-ROM ke slot IDE no 2. Perhatikan juga agar sisi kabel berwarna merah harus menempati kaki nomer 1 pd tiap slot. Kita dpt melihat keterangan yg tertulis di motherboard ataupun di manual motherboard.
10.  Memasang VGA Card
Bila VGA Card yg digunakan dr jenis ISA, maka VGA Card tersebut harus ditempatkan pd ISA slot bus di motherboard. Bila VGA Card yg digunakan jenis PCI, maka pasangkan card tersebut pd slot bus PCI di motherboard. Tetapi, jika VGA berupa VGA on board, maka anda tinggal mengaturnya dlm BIOS.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.